AKTIVITAS 1_REFLEKSI DIRI
Tugas Aktivitas 1_Refleksi DIri Tentang “Peran Guru Abad 21”
Sebagai seorang among,
peran guru abad ke 21 adalah seorang pendidik yang mampu mengembangkan motivasi
peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME. Menjadikan manusia yang berakhlak,
berilmu, kreatif, mandiri dan bertanggungjawab.
Dan peran seorang guru
harus mampu menyesuaikan sesuai kebutuhan abad 21, di harapkan mampu
mempersiapkan peserta didik mengikuti pembelajaran era baru sesuai
kebutuhannya.
Sebagai seorang guru informatika
saya harus mampu membangun kompetensi diri peserta untuk mencapai tujuannya. Selain
itu sebagai seorang guru harus mampu mendesain pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik materi ajar dan kebutuhan belajar peserta didik.
Karakteristik peserta didik abad 21
sangat berbeda dengan peserta didik era sebelumnya. Abad 21 ini seseorang harus
memiliki empat keterampilan
(communication,
colaboration, critical
thinking and problem
Sorving dan creativity
and innovation). Keterampilan
ini sudah semestinya tercermin
dalam pembelajaran yang
akan dilaksanakan oleh
seorang guru.
Keterampilan Abad 21 dapat
diintegrasikan dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga pilihan metode, media
dan pengelolaan kelas benar-benar meningkatkan keterampilan tersebut. Karena
itulah menjadi keharusan kemampuan pedagogi guru menyelesaikan dengan
karakteristik dan keterampilan yang diperlukan di abad 21
Jadi tantangan bagi kompetensi guru abad 21 adalah harus mampu beradaptasi memahami disiplin ilmunya dari berbagai konteks, dan peka terhadap perkembangan kebutuhan peserta didik. Guru harus berpacu mengikuti tuntutan perkembangan, bukan hanya terlibat namun bertindak inovatif. Seorang harus mampu untuk memformulasikan, mengkonstruk, menyusun, memodifikasi dan peka terhadap informasi sehingga dapat dipahami sebagai suatu pengetahuan.
Harapan terbesar dari inovasi pendidikan abad 21 adalah adanya dukungan dan pengintegrasian dalam proses pembelajaran, sehingga mempertinggi mutu pengalaman belajar peserta didik. Guru harus terlibat aktif di dalam inovasi pedagogis. Menurut The Thailand (1997:6) guru memiliki peran utama bukan sekedar melaksanakan reformasi pendidikan, namun harus terlibat di dalam merumuskan konsep dan desain reformasi pendidikan yang diperlukan.
Comments
Post a Comment