AKTIVITAS 1_REFLEKSI DIRI

Tugas Aktivitas 1_Refleksi DIri Tentang “Peran Guru Abad 21”

Sebagai seorang among, peran guru abad ke 21 adalah seorang pendidik yang mampu mengembangkan motivasi peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME. Menjadikan manusia yang berakhlak, berilmu, kreatif, mandiri dan bertanggungjawab.

Dan peran seorang guru harus mampu menyesuaikan sesuai kebutuhan abad 21, di harapkan mampu mempersiapkan peserta didik mengikuti pembelajaran era baru sesuai kebutuhannya.

Sebagai seorang guru informatika saya harus mampu membangun kompetensi diri peserta untuk mencapai tujuannya. Selain itu sebagai seorang guru harus mampu mendesain pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi ajar dan kebutuhan belajar peserta didik.

 

Karakteristik peserta didik abad 21 sangat berbeda dengan peserta didik era sebelumnya. Abad 21 ini  seseorang  harus  memiliki  empat  keterampilan  (communication,  colaboration,  critical thinking  and  problem  Sorving  dan  creativity  and  innovation).  Keterampilan  ini  sudah semestinya  tercermin  dalam  pembelajaran  yang  akan  dilaksanakan  oleh  seorang  guru.

 

Keterampilan Abad 21 dapat diintegrasikan dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga pilihan metode, media dan pengelolaan kelas benar-benar meningkatkan keterampilan tersebut. Karena itulah menjadi keharusan kemampuan pedagogi guru menyelesaikan dengan karakteristik dan keterampilan yang diperlukan di abad 21

 

Jadi tantangan bagi kompetensi guru abad 21 adalah harus mampu beradaptasi memahami disiplin ilmunya dari  berbagai  konteks,  dan  peka  terhadap  perkembangan  kebutuhan  peserta  didik.  Guru  harus  berpacu  mengikuti  tuntutan  perkembangan,  bukan  hanya  terlibat namun  bertindak  inovatif.  Seorang  harus  mampu  untuk  memformulasikan,  mengkonstruk, menyusun, memodifikasi dan peka terhadap informasi sehingga dapat dipahami sebagai suatu pengetahuan.

 

Harapan terbesar dari inovasi pendidikan abad 21 adalah adanya dukungan dan  pengintegrasian dalam proses pembelajaran, sehingga mempertinggi mutu pengalaman belajar peserta didik.  Guru  harus terlibat aktif di  dalam  inovasi pedagogis. Menurut The Thailand  (1997:6) guru memiliki peran utama bukan sekedar  melaksanakan reformasi pendidikan, namun harus terlibat  di  dalam  merumuskan  konsep  dan  desain  reformasi  pendidikan  yang  diperlukan.




LINK:

Comments

Popular posts from this blog